Minggu, 24 Juli 2011

Hubungan Administrasi Dengan Masyarakat

         Manusia merupakan makhluk yang memiliki keinginan untuk menyatu dengan sesamanya serta alam lingkungan di sekitarnya. Dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan, keinginan dsb manusia memberi reaksi dan melakukan interaksi dengan lingkungannya. Pola interaksi sosial dihasilkan oleh hubungan yang berkesinambungan dalam suatu masyarakat. Menurut (Horton & Hunt) masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

1)      Faktor/unsure Dalam Masyarakat (Soerjono Soekamto) :
a.       Beranggotakan minimal dua orang.
b.      Anggota sadar sebagai bagian dari kesatuan.
c.       Berhubungan dalam waktu yang cukup lama yang menghasilkan manusia baru yang saling berkomunikasi dan membuat aturan-aturan hubungan antar anggota masyarakat.
d.      Menjadi sistem hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan serta keterkaitan satu sama lain sebagai anggota masyarakat

2)      Kriteria Masyarakat Yang Baik (Marion Levy) :
a.       Ada system tindakan utama.
b.      Saling setia pada system tindakan utama.
c.       Mampu bertahan lebih dari masa hidup seorang anggota.
d.      Sebagian atau seluruh anggota baru didapat dari kelahiran / reproduksi manusia.
                        Administrasi adalah seluruh proses dari berbagai kelompok dalam menyelesaikan kepentingan masing-masing, baik skala kecil maupun skala besar (Leonard D. White).
3)      Ciri-Ciri Administrasi :
a.       Adanya kelompok manusia (dua orang atau lebih).
b.      Adanya kerjasama dalam kelompok tersebut.
c.       Adanya kegiatan, proses, dan usaha.
d.      Adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan.
e.       Adanya tujuan.
            Dari uraian di atas sangatlah jelas bawha administrasi sangat berhubungan erat dengan masyarakat. Banyak kesamaan antara unsure dalam masyarakat dengan cirri-ciri terselenggaranya administrasi. (1). Suatu masyarakat mninimal beranggotakan dua orang sehingga terjadi interaksi didalamnya, begitu juga dengan administrasi. (2). Setiap anggota sadar menjadi bagian suatu kelompok masyarakat tersebut. Dalam administrasi setiap anggota sadar akan perannya dan melakukan kerjasama dalam kelompok tersebut. (3). Sistem tindakan utama dalam criteria masyarakat yang baik dapat diartikan tujuan dalam masyarakat tersenut. (4). Sedangkan criteria saling setia pada system tindakan utama maksudnya adalah sealalu berpedoman pada tujuan dan cara-cara pencapainnya yang melalui kegiatan, proses, dan usaha. Dengan begitu dapat disimpulan bahwa administrasi ada dan diperlukan dalam kehidupan masyarakat.

B.     Manfaat Administrasi Bagi Masyarakat
            Manusia selalu hidup berkelompok dalam menjalankan kehidupannya. Kelompok dapat diartikan sebuah usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu dipelajari oleh suatu cabang ilmu, yang disebut ilmu administrasi. Dalam masyarat sendiri terdapat banyak lemabaga-lembaga yang membantu kehidupan manusia dengan bermacam-macam peran dari lembaga tersebut. Dalam masyarakat administrasi sangatlah diperlukan agar segala kegiatan masyarakat dapat dikerjakan dengan lancar dan stabil. Administrasi yang ada atau dgunakan dalam masyarakat buka hanya admninistrasi dalam arti sempit saja yaitu ketatausahaan yang meliputi surau-menyurat, catat-mencatat, dan pembukuan ringan, akantetapi juga bersifat lebih luas yang berkaitan dengan seluruh proses dari berbagai kelompok dalam menyelesaikan kepetingan masing-masing baik skala kecil mapun besa (Leonard D. White).
            Kegiatan-kegiatan dalam lingkungan Administrasi kemasyarakatan umumnya mempunyai sifat memajukan sesuatu hal atau memelihara sesuatu kepentingan dari segolongan orang dalam masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh lembaga atau badan kemasyarakatan tidak menonjolkan unsur orang-orang sebagai perseorangan.
1)      Contoh Administrasi Yang Ada dalam Masyarakat :
a.       Administrasi perhimpunan
b.      Administrasi perkumpulan
c.       Administrasi yayasan
d.      Administrasi koprasi
e.       Administrasi serikat buruh
f.       Administrasi lembaga faikir miskin
g.      Administrasi pekerjaan social
h.      Administrasi gereja
            Dalam lembaga-lemabaga yang ada dalam masyarakat tersebut akan berjalan fungsinya sebagaimana mustinya jika dalil, rumus, dan prinsip dalam administrasi diterapkan.
2)      Teori Admisnitrasi
a.       One head for one body
b.      Many brains to help
c.       Unity of commands and unity of direction
            Teori administrasi di atas aldalah contoh manaat teori administrasi bagi masyarakat atau lebih khususnya lembaga yang ada dalam masyarakat. (1). One head for one body maksudnya adalah adanya seorang pemimpin/perlunya kepemimpinan sbagai perencana, pengarah, pengawas, serta pengevaluasi dari suatu tubuh organisasi. (2). Many brains to help maksudnya adalah dalam pengambilan kbijakan pastilah melalui berbagai macam pertimbangan dan masukan dari seluruh anggota kelompok, jadi merupakan bentuk kerjasama guna mencapai tujuan bersama. (3). Unity of commands and unity of direction yaitu aanya kesatuan perintah dan tujuan yang harus dilaksanakan menurut tugas masing-masing “pengorganisasian” yang nantinya menjadi kesatuan hasil.
3)      Manfaat Administrasi Secara Umum bagi Masyarakat :
a.       Informasi
Administrasi memebreikan informasi bagi yang membutuhkan dikarenakan dalam administrasi terdapat unsure ketatausahaan yang mencatat hal-hal penting sebagai dokumen yang bias digunakan jika diperluka dan juga sebagai sumber pertimbangan pengambilan keputusan.
b.      Hukum
Dengan adanya administrasi yang baik maka segala hal akan tercatat dengan baik dan bisa menghindari terjadinya celah-celah yang bisa digunakan untuk mengambil kepentingan sepihak. Administrasi dimungkinkan sebagai bukti hukum jika terjadi suatu masalah.
c.       Ekonomi
Administarsi bisa digunakan sebagai acuan dalam mengambilan kebijakan dalam bidang ekonomi agar kebeijakan tersebut efesien dan efektif. (administrasi niaga).
d.      Sosial dan Budaya
Administrasi diharapkan membangun kehidpua social dan budaya masyarakat menjadi lebih baik. Sehingga tercapai masyarakat yang intelektual dan bisa menghindari hal-hal buruk seperti korupsi karena lemahnya system administrasi.    

   

Rivai, Veithzal. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakart : PT. RajaGrafinfo persada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar